Wartawan BBC menyamar ke Korut

universitas terkemuka dalam inggris melancarkan kecaman ke bbc (media inggris), minggu, sebab wartawan bbc sudah menyamar dijadikan mahasiswa tingkat doktoral danmelakukan perjalanan akademis supaya membuat film dokumentasi ke korea utara (korut).

cara tersebut bisa membahayakan mahasiswa pada rombongan tersebut, yang tak hapal rencananya.

london school of economics (lse) menyatakan kiranya tiga wartawan bbc--termasuk seorang wartawan yang disegani, john sweeney--bergabung pada perkumpulan mahasiswa dan sedang menggarap kaji wisata dalam akhir maret. mereka berpura-pura merupakan wisatawan, lalu memesan film mengenai negara tertutup itu.

pihak universitas menungkapkan bahwa kaum mahasiswa telah memperoleh pemberitahuan bahwa banyak benar wartawan dan mau ikut bersama mereka, ternyata tak jelas apakah bbc bertujuan menggunakan perjalanan tersebut untuk merekam diam-diam film dan hendak diputar selama website nuansa dan menyiarkan topik-topik hangat.

Informasi Lainnya:

ini bukan pendidikan wisata dipercaya lse, tutur craig calhoun, direktur perguruan tinggi tersebut dalam akun twitter, semisal dikutip reuters.

bbc mengaturnya, memanfaatkan perkumpulan itu supaya menjaring audien.

ketegangan di semenanjung korea meningkat akhir-akhir ini karena ancaman launching nuklir dengan korut.

lse mengatakan kiranya sweeney, alumnus tahun 1980, mengaku sebagai mahasiswa doktoral jenis sejarah, agar dapat lolos masuk negara tersebut, meski ketika ini ia tidak memiliki hubungan dengan lembaga studi tinggi tersebut.

staf bbc mengakui bahwa rombongan itu sengaja menyamarkan keterlibatan bbc di kunjungan itu, kata lse.

menurut lse, kaum mahasiswa dan ikut beranjak tak diberitahu dengan jelas untuk mampu menyetujui, juga menempatkan mereka dalam bahaya kalau penyamaran itu terungkap sebelum mereka meninggalkan korut.

lse menyewa bbc agar menarik film dokumenter yang menurut rencana mau diputar dalam hari senin kedepan, ternyata direktur penyiaran menolak permintaan tersebut.

para mahasiswa dengan tegas sudah diberitahu serta diperingatkan potensi risiko perjalanan ke korut bersama wartawan, tulis bbc selama lamannya.

termasuk serta peringatan perihal risiko ditangkap juga ditahan serta kemungkinan mereka tak diperkenankan dulu masuk ke korut di waktu mendatang.

sweeney membela diri selama akun twitter dengan menulis lse mengeluarkan pernyataan dan kita perdebatkan.

kami pergi ke korut dengan menyamar. agen korut tentu tak senang. mahasiswa lse mengetahui akan keuntungan ini sebelum pergi. mereka setuju.

laman panorama mengatakan kiranya sweeney melewatkan waktu delapan hari supaya menyamar tepat selama jantung negeri yang diawasi melalui ketat.

bepergian dari pyongyang ke daerah pedesaan yang termasuk kawasan de-militarisasi--di perbatasan dengan korea selatan--sweeney menyaksikan pemandangan dan suram, orang-orang dicuci-otak pada tiga generasi dan rezim dengan senang memberikan kesan berbaris menuju armageddon, tulisnya.

lse menungkapkan, aspek-aspek mengenai korut sah adalah bahan penelitian daripada berbagai tinjauan disiplin ilmu, ternyata bbc telah merusak nama perguruan tinggi serta berdampak pada kunjungan ke korut yang berikutnya, serta ke negara lain.

karya bbc itu mencari mahasiswa berada pada bahaya, padahal tampaknya tak memperoleh Informasi masih kecuali hanya menunjukan korea utara semisal dan dilihat wisatawan, tutur calhoun.