Toyota Karawang minim serap lulusan SMK lokal

pt toyota motor manufacturing indonesia kabupaten karawang, jawa barat, masih minim menyerap tenaga kerja daripada lulusan sekolah menengah kejuruan lokal karena keterampilan lulusan smk karawang kurang memenuhi standar perusahaan tersebut.

pada dasarnya kami berkomitmen memberi kesempatan seluas-luasnya kepada alumni smk yang banyak di karawang. akan tetapi kami mempunyai standar keterampilan yang sudah ditetapkan, papar doddy irawan, section head community relations community development pt toyota motor manufacturing indonesia (tmmin), selama karawang, selasa.

dikatakannya, walaupun telah dibuka kesempatan yang luas terhadap alumni smk dan banyak di karawang untuk bergabung dalam pt tmmin, baru cukup minim mereka dan berhasil masuk ke perusahaan itu. karena dilihat dari ketrampilannya, mereka tidak mengikuti standar yang telah ditentukan.

ia menyontohkan, di proses perekrutan karyawan pt tmmin 6 april 2013, terkandung 400 pihak dan merupakan alumni smk yang banyak di karawang. mereka dan daftar tersebut adalah lulusan siswa smk terbaik dan dikirim dengan tiap-tiap sekolah.

Informasi Lainnya:

berdasarkan dengan seleksi perekrutan, kata dia, hasilnya tak menunjukkan hal-hal dan menggembirakan. dari ratusan peserta yang mendaftar tersebut, hanya 20 orang dan berhasil diterima untuk karyawan.

prosentasenya berarti sangat kecil. kondisi tersebut menunjukkan nilai pendidikan kejuruan pada karawang baru rendah. padahal, kami berharap jumlah lulusan smk pada karawang yang diterima selama pt tmmin lebih banyak, tutur dia.

manager general affair division dapertemen community relation pt tmmin teguh wahyu menungkapkan, proses perekrutan karyawan pada perusahaannya diadakan langsung oleh konsultan independen dan mempunyai standar. sebab itu, bagian perusahaan tak dapat mengintervensi hasil perekrutan karyawan itu.

menurut dia, untuk lebih memperbaiki penyerapan tenaga kerja lulusan smk karawang selama pt tmmin, dilaksanakan peningkatan kemampuan kepada para siswa smk melalui website training dan magang selama 3-6 bulan pada perusahaan tersebut.

training itu dan diberikan kepada para guru makanya mereka mampu menularkan kemampuannya kepada siswanya. dengan terlalu dicari skill mereka bisa sesuai standar yang ditetapkan toyota.

manager head community relations community development pt tmmin yanuarto widi handoko mengatakan, dalam tahun ini pt tmmin menerima karyawan masih agar menghabiskan tenaga operator sebanyak 2.500 pihak.

ia mengakui tenaga operator itu lebih banyak berasal daripada luar karawang sebab daripada sisi ketrampilan, mereka lebih unggul.

karena itu, ia harapkan agar siswa smk dalam karawang bisa menambah ketrampilannya, makanya ke depan tenaga operator pt tmmin itu mampu diisi kaum alumnni smk karawang.