Indonesia diwakili duta besar Indonesia pada upacara pemakaman Thacher

pemakaman lady margaret tatcher dikuti ribuan petinggi daripada berbagai negara, tapi indonesia cuma diwakili duta sulit indonesia untuk inggris raya dan irlandia, hamzah thayeb.

lady tatcher, terlahir bernama margarer hilda roberts, meninggal dunia dalam usia 87 tahun, 8 april lalu, karena stroke dan menyerang dia juga dimakamkan dalam pemakaman kenegaraan (pemakaman seremonial, setingkat di bawah penghormatan bila raja serta ratu dan keluarga inti kerajaa dimakamkan), pada london, 2012.

pemakaman seremonial tersebut berdasarkan keputusan ratu elizabeth ii, dan turut hadir di pemakaman dalam katedral santo paulus, london. duke of edinburgh dan memberi penghormatan terakhir sebagaimana ribuan hadirin lain dan mewakili pemerintahan, badan, dan institusi lain pada sana.

lady tatcher memerintah inggris selama 11 tahun (1979-1990), melalui masa-masa dan digambarkan penuh dengan pergolakan dunia. lady tatcher dikenang pihak untuk sosok dan kontroversial, selama mata pendukung dia merupakan pahlawan dan inspirator juga lambang ketegaran inggris; akan tetapi terhadap penentang, dia dianggap merusak nilai-nilai juga fondasi tradisi inggris, di antaranya keberpihakannya atas liberalisasi ekonomi serta pasar.

Informasi Lainnya:

upacara pemakaman seperti halnya upacara pemakaman lain berlangsung hikmat; kebaktian penuh melalui doa doa juga pujian, di tengah udara pagi kota london yang mendung. berbagai mengikuti upacara sesuai dengan situs dan protokol, ujar thayeb, rabu.

prosesi pemakaman lady tatcher adalah pemakaman pertama setelah mantan perdana menteri inggris, winston churchil, dimakamkan, dan dikuti ratu elizabeth ii. pemakaman lady tatcher ini yang termegah kedua sesudah pemakaman sir churchil tersebut.

peti mati jenazah lady tatcher diperlakukan dengan penuh ketakziman. Satu regu tentara berseragam kehormatan mengusung peti itu daripada atas kereta berkuda yang menjadi mobil kedua pemberangkatan peti tersebut dari halaman katedral santo paulus.