Susno Duadji hilang tapi muncul di YouTube

drama perihal susno duadji terus berlanjut. mantan kepala badan reserse kriminal kepolisian indonesia, komisaris jenderal polisi (purnawirawan) susno duadji, dan telah dinyatakan buron ataupun mendaftar pencarian orang dengan kejaksaan agung, ditampilkan di jejaring sosial youtube berdurasi 15 menit 34 detik.

untuk mencari, tidak sulit saja. cukup ketik kata susno duadji dalam mesin pencari, dengan demikian website video ini ingin menampilkan tayangan selama belasan menit itu. langkah berkomunikasi semisal ini mirip pilihan melalui saat bekas bendaharawan dpp partai demokrat, m nazaruddin, menungkapkan maksudnya dari website persembunyiannya, selama karthagena, kolombia.

dari youtube yang dipublikasi dalam senin (29/4) itu, duadji menyatakan dirinya berada dalam daerah pemilihan i jawa barat; sekaligus membantah dirinya sudah menghilang.

saya berada pada daerah pemilihan aku pada dapil 1 jawa barat. pasti tidak seorang bila dikatakan saya hilang tak ada rimbanya, terlebih apabila saya dikatakan melarikan diri. aku bukan orang dan lari dari tanggung jawab adapun aku tidak nampak di muka publik adalah agar mencegah eksekusi liar, kata duadji di video itu.

Informasi Lainnya:

jenderal berbintang tiga bekas penegak hukum itu banyak bertutur seputar status hukum, cara mengeksekusi dia, juga pasal-pasal hukum yang dikenakan, sekaligus penjelasan pasal-pasal hukum dan dia nyatakan mengakibatkan vonis hukum tersebut adalah batal (demi hukum).

sebagai contoh, dia menyoal putusan selama november 2011,yang serta tak mencantumkan pasal 197 ayat 1 huruf k kitab undang-undang hukum acara pidana. selama pada bandingnya juga namanya bukan dirinya, termasuk nomor register bukan perkara dirinya.

menurut dia, di dalam putusan ma di november 2012, putusan tersebut tak menyatakan susno duadji bersalah; maksudnya tidak ada penyebutkan berapa berlarut hukumannya termasuk dan tidak ada perintah supaya penahanan.

jadi, bila jaksa agung ataupun aparat kejaksaan mengeksekusi saya, serta memasukkan saya ke penjara perlu ditanyakan bagaimana motivasinya? ataupun banyak tekanan tertentu ataupun ada tujuan politik? karena saya adalah calon (legislatif).

duadji telah dimajukan partai bulan bintang dijadikan calon legislatif dengan resmi; terlepas dia sedang bermasalah hukum atau tak.

polisi bersama tim gabungan kejaksaan untuk kedua kalinya memburu duadji. padahal, kurang daripada sepekan kemarin, duadji telah banyak dalam depan mata personel eksekutor gabungan kejaksaan agar dijebloskan penjara. duadji lolos selama depan mata pula, dalam perlindungan polisi.

kini, semuanya sibuk mencari-cari duadji. tiga rumah duadji di jakarta disatroni tim gabungan polisi serta kejaksanaan sehari penuh 2012, tapi duadji seperti menguap terlalu saja tidak muncul selama mana-mana, kecuali di yuotube.