Forum Rektor: urgensi UN perlu direnungkan lagi

ketua forum rektor indonesia prof laode m kamaluddin berpendapat bahwa urgensi ujian nasional perlu direnungkan tinggal seiring perkembangan zaman.

saya menilai un memang solusi pasling baik dalam era 1960, 1970, 1980, hingga 1990 ketika pendidikan tersentral ke pusat, namun kini pendidikan tidak lagi tersentral dalam pusat, ujarnya selama semarang, jumat.

apalagi, berdasarkan rektor universitas islam sultan agung (unissula) semarang tersebut, hampir semua perguruan tinggi tidak menjadikan hasil un dijadikan faktor dominan selama menjaring mahasiswa masih.

kalangan perguruan tinggi, tutur dia, sebatas menikmati kelulusan audien didik daripada jenjang sekolah menengah atas (sma) juga sederajat dijadikan salah Salah satu acuan bisa diterima dijadikan mahasiswa baru.

Informasi Lainnya:

karena tersebut, mampu jadi (un) `less important anymore` (kurang berguna lagi). saya rasa un usah direnungkan terserah. kini ini pendidikan kan telah terdesentralisasi ke daerah, ujarnya.

kalau pun un tetap digelar, papar dia, sebaiknya pelaksanaannya cukup diserahkan serta dikelola tingkat regional, bukan dulu pusat agar mata rantainya tidak begitu lama, terlebih distribusi soalnya.

menanggapi kehadiran penundaan un dalam 11 provinsi selama tahun ini, ia menyampaikan permasalahan itu sesungguhnya tak mesti terjadi kalau un dikelola tingkat regional, seperti pencetakan soal juga distribusi.

pelaksanaan un jenjang sma juga sederajat dalam 11 provinsi, terlebih di wilayah indonesia bagian tengah, terpaksa ditunda akibat kendala teknis keterlambatan distribusi soal ujian ke daerah-daerah tersebut.

pelaksanaan un pada 11 provinsi ditunda, yaitu kalimantan selatan, kalimantan timur, sulawesi utara, sulawesi barat, sulawesi sedang, sulawesi selatan, sulawesi tenggara, bali, ntt, ntb, dan gorontalo.

mekanisme un sd kan sudah seperti itu, diserahkan ke tingkat regional, smp sebaiknya serta dibuat seperti itu. apabila masalah bocor, tersebut kan persoalan mental. manajemennya mesti diperbaiki, ujarnya.

berbagai permasalahan selama un tersebut, papar laode, akan adalah salah Satu keuntungan yang dibahas dalam pertemuan forum rektor indonesia yang rencananya dilangsungkan pada 11 mei 2013 dalam universitas sebelas maret (uns) surakarta.