Mutu raskin memprihatinkan

kementerian sosial menemukan di sejumlah info kualitas beras untuk warga miskin (raskin) sudah selama bawah standar yangg ditetapkan yaitu beras mutu medium.

saya sudah melihat pada pilihan daerah banyak ditemukan beras-beras itu. banyak dan saya cek sendiri berasnya dimakan kutu dan menirnya banyak yang pecah tutur direktur jenderal pemberdayaan sosial juga penanggulangan kemiskinan kementerian sosial hartono laras selama jakarta, sabtu.

hartono menunjukan, temuan tersebut disebabkan sebab beras tersebut disimpan terlalu berlarut dalam gudang. beras dibeli bulog dari petani juga dijadikan stok yang rata-rata disimpan hingga sembilan bulan.

karena sistemnya mesti stok serta bulog memprioritaskan membeli beras pada negeri, itulah yang mendorong kenapa beras itu menjadi berkurang mutunya, katanya.

Informasi Lainnya:

jika rumah tangga sasaran menerima beras yang tak layak, dengan begini mereka mungkin menukarkan beras itu dalam waktu 2x24 merek ke bulog.

kemensos sebagai kuasa pemegang anggaran hendak melakukan verifikasi, intinya bulog mesti mengganti, tidak bisa menolak sebab kami mensyaratkan kami mau menyewa subsidi beras ini apabila pas dengan indikatornya, ujar dia.

kemensos menjadi kpa program raskin 2013 melalui target sasaran 15,5 juta properti tangga sasaran penerima faedah yang berhak membeli 15 kg raskin semua bulan di 12 bulan.

rumah tangga sasaran cuma menebus seharga rp1.600 per kg sementara subsidi pembelian beras daripada pemerintah rp6.151 oleh karenanya total anggaran subsidi mencapai lebih daripada rp17,19 triliun.

sementara beras dan dibagikan berkualitas medium dengan agama kadar air tak lebih 14 persen dan tak boleh lebih daripada 20 persen dan patah serta derajat kebersihan mesti 90 persen.

dari pelaksanaan program raskin yang telah berjalan sejak januari 2013, masih ditemukan raskin dengan kualitas rendah, berkutu serta berbau apak yang disalurkan selama penduduk.