Iran-IAEA akan gelar pembicaraan pada 15 Mei

badan tenaga atom internasional (iaea) mengumumkan bahwa putaran kesepuluh pembicaraan diantara iran dan iaea ingin diadakan di 15 mei pada wina.

iran juga iaea telah bertemu dalam sembilan putaran pembicaraan sejak akhir 2011. pertemuan terakhir mereka digelar dalam ibu kota iran, teheran, pada pertengahan februari.

setelah babak kesembilan pembicaraan, deputi direktur jenderal iaea serta kepala departemen perlindungan herman neckaerts menungkapkan, kedua bagian tak bisa mencapai kesepakatan perihal modalitas ternyata iaea berkomitmen untuk meneruskan pembicaraan.

iran dan iaea telah membahas lebih daripada Salah satu tahun untuk memesan modalitas guna mengajarkan bagaimana iran mesti menjawab pertanyaan iaea tentang isu kemungkinan dimensi militer (pmd) dari web nuklir iran.

Informasi Lainnya:

amerika serikat, rezim israel juga beberapa sekutunya menuduh iran telah salah mengejar objek wisata non-sipil pada website energi nuklirnya.

iran dengan tegas menolak tuduhan tersebut, melalui alasan kiranya sebagai komitmen penandatangan perjanjian non-proliferasi dan anggota iaea, dia berhak supaya membeli teknologi nuklir untuk objek wisata damai.

selain itu, iaea sudah melakukan berbagai inspeksi fasilitas nuklir iran, akan tetapi tidak sudah menemukan bukti dan menunjukkan bahwa situs energi nuklir teheran sudah dialihkan ke arah tujuan militer, demikian catatan irna.