Israel tembaki Suriah

militer israel mengaku menembakkan artilerinya ke suriah, jumat, sesudah pasukannya diserang dalam dataran tinggi goland, wilayah suriah dan diduduki israel, dalam rangkaian terbaru insiden penembakan pada garis depan yang relatif tenang.

tidak ada tentara terluka dan tak banyak kerusakan yang disebabkannya. tentara angkatan bersenjata israel (idf) menanggapi melalui tembakan artileri ke arah sumber penembakan. Salah satu tembakan langsung sudah diidentifikasi, tutur militer pada Satu pernyataan seperti dikutip reuters.

pertempuran diantara pasukan dan setia kepada presiden suriah bashar al-assad juga pemberontak yang berusaha menggulingkannya tumpah ke dataran tinggi golan pada beberapa pekan terakhir dengan tembakan sesekali serta mortir mendarat selama wilayah yang dipelajari negara yahudi itu.

seorang juru bicara militer mengatakan dia tak mengetahui apakah tentara suriah ataupun pemberontak dan menembaki pasukan israel juga apakah tembakan itu nyasar serta disengaja.

Informasi Lainnya:

israel merebut dataran tinggi golan daripada suriah pada perang 1967 dan mencaplok dataran tinggi strategis itu selama t1981 dalam langkah dan tidak diakui dengan internasional. para penjaga perdamaian pbb memantau garis gencatan senjata.

pihak militer menyatakan sudah memberitahu pbb atas insiden itu.

menteri luar negeri austria michael spindelegger mengatakan wina mesti menilai setiap hari apakah situasi selama wilayah tersebut cukup alami kepada pasukan penjaga perdamaian austria dan mencapai sekitar 380 di misi pbb berkekuatan 1.000 prajurit, agar berada pada golan.

dalam tiga bulan terakhir, jepang dan kroasia mengatakan bagus pasukan mereka daripada misi penjaga perdamaian. israel yang khawatir terhadap keberadaan pasukan penjaga perdamaian tetap cemas golan hendak merupakan batu loncatan kepada serangan terhadap israel dengan kelompok jihad anti bashar al-assad.